Macam-macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui

Macam-macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui
Macam-macam Penyakit Mulut yang Harus Diketahui. Sebagai tempat central dimana bekerja setiap anda makan, minum dan menerima seluruh jenis makanan dengan berbagai macam rasa dan aroma. Setelah semua proses dari dalam mulut selesai dan mejadi lembut baru lah di berikan ke bagian tubuh lain. Selain digunakan untuk makan dan minum, mulut pun berfungsi untuk digunakan sebagai alat tunggal komunikasi verbal.

Saat berkomunikasi dengan lawan bicara, dan merasa ada aroma lain yang membuat percaya diri anda menurun, otomatis menjadikan anda salah kaprah karena beberapa macam penyakit mulut memang bisa saja datang membuat rasa minder secara seketika datang. Selain aroma yang timbul tidak sedap dihirup, beberapa penyakit mulut juga kerap menghampiri seperti beberapa point dibawah ini.


Macam-macam Penyakit Mulut

Bau Mulut
Secara kondisi, bau mulut memang lebih sering dijumpai dibandingkan penyakit mulut yang lain. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa sisa makanan yang kita konsumsi masih meninggalkan bekas dan menyumbat disela-sela gigi atau gusi. Sariawan, akibat konsumsi bawang putih, rokok, alcohol, gigi palsu yang tak terawat dengan baik adalah macam-macam penyebab bau mulut. 

Sariawan
Sariawan atau luka pada lapisan kulit dalam atau bibir disebabkan oleh jamur candida menjadi salah satu penyakit mulut yang sering sekali kita rasakan. Beberapa faktor penyebab sariawan adalah sistem kekebalan tubuh yang menurun, antibiotic, diabetes dan beberapa faktor lain yang membuat kandida tumbuh di dalam mulut. 

Radang Mulut
Ciri-ciri radang mulut adalah warna lidah berubah menjadi pucat dan bintik kuning keputihan yang bisa disentuh dan digeser dengan mudah. Radang mulut mengakibatkan rasa perih dan akan terasa sakit jika disentuh sesuatu terutama saat anda makan atau menyikat gigi. Radang mulut biasanya disebabkan oleh jamur. 

Glossitis
Glossitis sendiri adalah sebuah gejala penyakit bau mulut yang membuat lidah pecah-pecah bahkan merekah. Karena rekahan tersebut, kondisi dalam mulut akan terasa perih karena kandungan perlindungan lidah terbuka atau pecah. Penyebab sederhana dari penyakit ini adalah kurangnya vitamin atau bahkan bisa karena anemia.

Infeksi Gusi
Gusi pada lapisan gigi akan cepat menyusut jika peradangan meningkat dan membentuk lubang diantara gigi dan gusi yang secara otomatis akan menampung kotoran yang menjadi karang gigi. Karang gigi yang sudah lama akan menyebabkan infeksi dan abses. Kondisi tersebut akan membuat gigi mudah rapuh dan copot.

Infeksi Virus Herpes Simpleks
Penyakit ini diawali dengan gejala bintik kuning dan pucat yang bersarang dilidah, suhu badan meningkat hingga 38 derajat bahkan lebih. Selain itu, rasa nyeri, sakit, bahkan perih akan muncul disekitar bibir. Walaupun gejala ini akan sembuh dengan sendirinya, ada baiknya anda mendapatkan pertolongan sesegera mungkin agar mengantisipasi gejala penyakit yang lain.

Coksackle Virus
Penyakit mulut ini lebih sering dialami oleh anak-anak bahkan bayi, selain bagian mulut yang terdapat bintik merah karena virus ini juga dapat menyerang tangan dan bagian kaki. Selain bintik-bintik tersebut rasa demam dan menggigil juga akan sering menyerang penderitanya. Selain menyakitkan untuk sang anak, penyakit ini pun dapat menular ke anak yang lain. Berikan waktu istirahat yang cukup dan berikan makanan yang berpotein tinggi.

Penyakit mulut yang memang mengganggu anda, anggota keluarga, teman bahkan relasi akan mendapatkan imbas dari masalah yang datang dari salah satu organ vital pada tubuh anda ini. jika ingin terhindar, rajin membersihkan gigi dan berkumur menjadi solusi mudah untuk mengatasi semua keluh kesah anda tentang penyakit mulut tersebut. Baca juga Cara mudah mengatasi ketombe.

Berlangganan untuk email update gratis: