8 Manfaat Unik Mangga bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Unik Mangga bagi Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Unik Mangga bagi Kesehatan Tubuh. Buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, namun masih banyak yang mengabaikan untuk mengkonsumsi asupan tersebut dengan berbagai macam alasan dan salah satu nya untuk mempersingkat waktu dan gaya hidup.
  
Salah satu buah yang mudah untuk di dapat dan ditanam ini sangat cocok untuk semua usia, karena rasanya yang manis dan harum sangat menggoda selera untuk melahapnya. Selain rasa dan wanginya yang menarik, manfaat dari buah ini pun sangat banyak untuk kesehatan. Berikut 8 manfaat unik mangga bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Mangga bagi Kesehatan

Mengurangi Diabetes
Untuk penderita diabetes mengkonsumsi mangga tidak akan meningkatkan kadar luka dalam tubuh, pasalnya buah ini memiliki kandungan glikemik rendah sekitar 41-60 sehingga jika dikonsumsi secara banyak pun tidak akan menjadi masalah. Bukan hanya isi dari buah yang berkulit hijau ini saja yang memiliki fungsi untuk kesehatan, bahkan daun dari buah ini pun sangat baik untuk penderita diabetes, coba untuk mengambil dan bersihkan daun buah mangga sekitar 4-5 lembar dan rendam semalaman lalu rebus daun tersebut. Setelah semua proses selesai coba untuk dinginkan dan diminum setelah disaring, ramuan ini sangat membantu mengatur kadar insulin.

Pencegahan Degenerasi Makula
Mangga memiliki Zat antioksidan zeaxanthin yang berfungsi untuk menyaring sinar cahaya biru, yang dapat mengatur peran protektif dalam kesehatan mata juga mencegah kerusakan dari degenerasi makula. Dengan memakan buah 3 porsi atau lebih dalam sehari juga terbukti meningkatkan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan dalam buah mangga yang berfungsi untuk kesehatan sangat banyak,  termasuk Serat, kalium dan vitamin keseluruhannya dapat membantu menangkal penyakit jantung. meningkatan asupan kalium dalam tubuh bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah pengolahan pola makan yang paling penting pada seseorang, dari hal itu pun dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Pencegahan Kanker
senyawa antioksidan dalam kandungan buah mangga  difungsikan untuk melindungi usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa yang ini menjadi bagian dari quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, dan kaya akan enzim.

Membantu Pencernaan
Kandungan buah mangga memiliki enzim yang membantu menghancurkan lemak dalam tubuh juga protein makanan yang kita makan. Dalam buah mangga ini juga memiliki kandungan serat yang melancarkan pencernaan secara alami.

Zat Besi Tinggi Untuk Wanita
Untuk ibu hamil dan wanita yang sudah menopause buah mangga dapat menjadi solusi karena dapat meningkatkan kadar zat besi juga kalsium dalam waktu yang bersamaan. Banyaknya zat besi dalam buah mangga pun bisa menjadi solusi bagi penderita anemia atau kekurangan darah merah.

Menjaga Kadar Kolesterol
Kadar kolestrol yang tinggi akan mengganggu kesehatan tubuh anda, dari manfaat buah mangga yang memiliki manfaat jambu biji dimana mengandung vitamin C, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mangga yang masih segar juga menjadi sumber yang kaya akan kalium, yang menjadi komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan membantu mengontrol dua unsur penting yaitu detak jantung dan tekanan darah.

Menyehatkan Mata
Dengan memakan beberapa irisan mangga sudah memberikan kontribusi 25 % vitamin A untuk salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat penting ini yaitu mata. Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Dari hasil tersebut menjadikan seseorang akan jauh dari berbagai macam penyakit mata seperti mata gatal, kering, bahkan rabun senja.
  
Kesehatan mungkin akan terasa sangat mahal jika kita sudah terserang berbagai macam penyakit seperti yang sudah disebutkan  diatas. Dari berbagai macam bahan alami seperti buah mangga yang banyak sekali ditemukan di penjualan buah dari level pasar hingga supermarket besar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dan untuk menanam buah ini pun tidak begitu sulit, dengan mencangkok atau menanamnya dari bibit atau biji buah di pekarangan rumah sudah menjadi tabungan kesehatan untuk para penghuninya. Baca juga Tips menghilangkan capek.

Berlangganan untuk email update gratis: