Tips Membersihkan Telinga dengan Benar

Tips Membersihkan Telinga dengan Benar
Tips Membersihkan Telinga dengan Benar. Membersihkan telinga menjadi rutinitas yang sebagian orang menjadikannya kegiatan rutin yang menyenangkan. Namun proses membersihkan seperti itu bisa saja berubah menjadi tragedi yang menyakiti bagian dalam telinga karena alat bantu yang tidak sesuai atau kedalaman yang melebihi batas. Hal tersebut akan mudah melukai bahkan merusak organ dalam yang ada di telinga.

Karena pentingnya telinga dan juga fungsinya untuk kegiatan dan kehidupan kita, kesehatan dan kebersihanya pun tidak kalah penting untuk dijadikan agenda penting jika anda memiliki waktu luang untuk memperhatikan kebersihan agar telinga bebas dari kotoran dan bakteri. Tapi awas, perhatikan cara membersihkan telinga agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan yang fatal hingga merusak gendang telinga. Ikuti langkah-langkan membersihkan telinga sebagai berikut.


Tips Membersihkan Telinga

Cotton Bud
Seperti cara yang sering digunakan dari balita hingga dewasa dengan menggunakan cutton bud. Sebenarnya cutton bud adalah bahan yang baik karena memeiliki kapas dan bahan yang steril. Selain itu cutton bud mudah didapatkan dan digunakan. Jika ingin menggunakan cutton bud pilihlah yang ukuran kecil dan tidak diperbolehkan untuk melampaui batas aman, hanya dinding bagian luar saja.

Baby Oil
Baby oil yang biasa digunakan untuk bayi ternyata dapat mengangkat kulit mati pada daun telinga yang bertekstur kasar. Gunakan baby oil utuk membantu melunakan kotoran kulit mati tersebut agar tidak lecet atau terasa sakit saat dibersihkan. jika tidak terdapat baby oil, bisa menggantinya dengan minyak kayu putih. 

Air Hangat
Air hangat yang digunakan disini bukan dengan mengguyurkannya ke dalam telinga ya, coba perhatikan cara pemakaiannya sebagai berikut. Basahkan sedikit kapas yang dicelupkan dengan air hangat. Putar kapas hingga berbentuk kecil panjang dan masukan perlahan ke dalam telinga untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. 

Kain Basah
Membersihkan dengan kain basah menjadi cara yang paling efektif untuk kotoran yang ada diluar telinga. Namun, pilihlah kain yang lembut dan tidak kasar agar tidak melukai daun rtelinga. Gosokan kain basah tersebut dibagian luar telinga dan berikan pijatan lembut. 

Ear Candle
Ada baiknya juga kok jika ingin mencoba fasilitas terbaru dalam membuang kotoran yang terdapat pada telinga anda. Sensasi hangat yang dirasakan karena bakaran ear candle akan mengangkat kotoran yang ada pada telinga. Namun, mintalah bantuan orang lain untuk membakarkan ear candle agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan jika menggunakannya sendiri tanpa mengetahui letak lubang telinga yang tepat.

Jangan Terlalu Sering Membersihkan Telinga
Membersihkan telinga dalam tidak diperbolehkan sesering membersihkan organ lain, karena benturan dari benda lain akan membuat bagian dalam telinga akan menyebabkan luka bahkan infeksi bagian dalam telinga. Jika anda merasakan rasa gatal yang terjadi dari telinga dan menjadi sensasi tersendiri saat dibersihkan dengan alat bantuan dan mencoba memasukannya lebih dalam akan membuat rongga dalam telinga tergores bahkan hingga gendang telinga pecah. Kotoran dalam telinga dapat juga berfungsi untuk mematikan hewan kecil yang masuk.

Tips membersihkan telinga dengan benar diatas menjadi bagian dari aktifitas yang memang sering sekali kita lakukan namun dengan cara yang salah. Semoga tips tersebut dapat memberikan manfaat yang baik untuk anda dalam memperlakukan dan membersihkan telinga bagian dalam dan luar. Baca juga Manfaat buah pisang bagi kecantikan.

Berlangganan untuk email update gratis: