Mengatasi Bayi sering Cegukan dengan Mudah

Mengatasi Bayi sering Cegukan dengan Mudah
Mengatasi Bayi sering Cegukan dengan Mudah. Sering kali kita lihat anak kecil atau balita yang mengalami cegukan secara tiba-tiba, ketika anak masih bayi cegukan sering datang ketika sedang makan, minum atau menyusui. Cegukan tersebut berawal dari rasa refleks yang disertai suara yang keras yang disebabkan iritasi yang datang dari diagframa. Diagframa sendiri adalah salah satu bagian penting yang ada dalam tubuh yang memproses respirasi juga saluran metabolisme. Secara proses diagfragma bertugas menarik lalu mendorong pernafasan secara teratur dan proses cegukan terjadi akibat gangguan pada diagfragma dan menjadikannya iritasi.

Intonasi cegukan atau hiccups terjadi berulang kali dalam hitungan detik. Walaupan, bayi yang cegukan biasanya memiliki alesan dan cara mengatasinya. Untuk mengatasi bayi yang cegukan harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab cegukan tersebut. Walaupun, untuk cegukan sendiri dapat disembuhkan atau berhenti dengan sendirinya namun ibu pasti merasa khawatir akan kejadian tersebut. Maka dari itu ibu harus mengetahui cara mengatasi bayi yang sering cegukan.


Mengatasi Bayi sering Cegukan

Istirahat
Sebenarnya tidak ada pembuktian secara medis jika anak mengalami cegukan akan menimbulkas gejala penyakit tertentu yang dialami sang bayi, cegukan sendiri sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya. Berikan waktu untuk bayi agar beristirahat dari aktivitas yang dilakukannya.

Ubah Posisi
Jika cegukan yang terjadi saat bayi menyusui, usahakan untuk mengubah posisi agar ruang udara yang tertelan mengalami pengurangan. Pada realitanya, cegukan pada bayi yang sedang menyusui terjadi akibat terlalu banyaknya udara yang ikut tertelan secara bersamaan dengan air susu ibu.

Buat Bayi Bersendawa
Saat bayi terus menerus mengalami cegukan, usahakan untuk membuat bayi tersebut bersendawa. Bersendawa akan membuat otot diagfragma melemas karena proses cegukan yang membuatnya kejang.

Pijat Lembut
Ketika secara tiba-tiba bayi mengalami cegukan, tenagkan dengan cara memijat lembut dibagian punggung bayi hingga ke bagian tubuh belakang. Usapan dan gosokan yang dirasakan akan membuat bayi merasa tenang dan cegukan perlahan menghilang.

Makan Teratur
Atur jam makan bayi secara rutin agar bayi mengenali kapan harus makan dan istirahat. Pengaturan jam makan tersebut dapat membuat bayi terhindar dari cegukan. Namun, jangan memberikan terlalu banyak makanan pada satu jam makan. Berikan makan bayi secara berkala dengan porsi sedikit namun sering agar perut bayi tidak menjadi kembung.

Hentikan Aktifitas Makan
Saat bayi mengalami cegukan dalam keadaan makan dan tidak berhenti dalam kurung jangka waktu lama. Hentikan terlebih dahulu proses makan atau proses menyusui agar bayi merasa tenang dan cegukan akan menghilang dan proses menyusui atau makan dapat dilanjutkan kembali.

Berikan Perhatian
Perhatian dari orang tua terlebih dari sang ibu menjadi penawar rasa sakit yang cukup ampuh. Berikan perhatian dalam berbagai macam aspek termasuk pada saat anak mendapatkan asupan makanan. Perlakukan anak selembut mungkin agar anak tidak merasakan gelisah dan panic.

Mengatasi cegukan pada bayi memang mudah dan jangan panik berlebih agar bayi mendapatkan ketenangan dan keadaan akan berubah menjadi membaik atau jika anda merasakan panik yang berlebihan akan membuat bayi tidak tenang dan menangis bahkan memperparah cegukan yang dialami sang bayi. Selain memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para ibu muda yang baru mengalami rasanya mengasuh bayi yang akan menjadikannya pengalaman baru yang sangat menyenangkan. Selamat mencoba bunda. Baca juga Cara cepat menghilangkan cacar.

Berlangganan untuk email update gratis: