Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Penyebab Gigi Berwarna Kuning
Penyebab Gigi Berwarna Kuning. Gigi adalah bagian dari tubuh manusia yang harus dirawat sesering mungkin, karena kegunaannya yang selalu bekerja dalam mengunyah makanan yang masuk kedalam tubuh membuat salah satu organ yang ada di dalam mulut ini menjadi sangat rentan akan perubahan warna yang menjadikannya lebih kuning disbanding warna aslinya yaitu putih bersih. Selain warna yang berubah, noda dan bakteri yang menempel di gigi pun akan membuat kondisi gigi lebih parah, bahkan senyum pun anda tidak bisa selebar yang lain.

Setelah diteliti, memang menggosok gigi menjadi salah satu cara rutin yang harus dikerjakan. Setidaknya 2 kali dalam satu hari setelah makan dan sebelum tidur. Namun, jumlah tersebut dapat ditambah jika memang perawatan gigi dirasakan kurang maksimal. Berbagai macam penyebab dari gigi kuning memang beragam, bukan hanya dari faktor sikat gigi saja. Anda penasaran? Mari simak penjelasan lengkapnya.


Penyebab Gigi Kuning

Kebersihan Gigi dan Mulut
Kebersihan rongga dalam mulut beserta gigi menjadi penyebab utama warna gigi berubah menjadi kuning. Gigi yang kuning bukanlah penyebab masalah pada gigi, namun akibat kebiasaan buruk dari sang pemilik yang membiarkan kondisi gigi dan mulut tidak bersih hingga membuat kondisi gigi menjadi kuning.

Menyikat Gigi Setelah Makan Makanan Yang Manis 
Satu pola sikat gigi yang salah adalah ketika makan makanan yang manis dan anda langsung menyikat gigi tersebut. Ternyata kegiatan tersebut menjadi kesalahan baru anda yang membuat gigi menjadi kuning. Karena, setelah gigi mengunyah dan kondisi gigi bersifat asam dan gigi memberikan netralisir dengan mengeluarkan enamel untuk perlindungan. Dan menyikat gigi langsung akan membuang perlindungan tersebut. Berikan jeda setidaknya 1 jam.

Kebiasaan Makan
Pilihlah makanan yang tidak meninggalkan bekas pada lapisan luar gigi, beberapa makanan memiliki efek yang buruk berupa pewarnaan kuning ke gigi anda jika mengkonsumsi makanan seperti teh, kopi, soda juga rokok akan membuat tampilan pada gigi anda mudah berubah.

Minuman Berenergi
Minuman berenergi mengandung gula dan asam yang mana dapat menopang energy tambahan saat anda lelah atau berolahraga. Sedangkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa minuman berergi memiliki sifat korosif dibandingkan kandungan mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman tersebut cenderung merusak, membuat warna gigi berubah perlahan menjadi kuning, bahkan mengikis gigi.

Merokok
Sebagian besar orang bahkan para pecinta rokok mengetahui apa saja yang akan terjadi jika anda dengan terus menerus merokok. Bahkan himbauan yang terus dilakukan agar berhenti menghirup asap tembakau ini terus gencar dilakukan beberapa pihak termasuk yang selalu peduli akan kesehatan. Selain kesehatan tubuh, kandungan nikotin pada rokok membuat mulut menjadi asam. Nikotin tersebut mengikat elemen gigi dan menyangkut di dinding gigi. Jadi jika anda masih manginginkan gigi yang bersih, berhentilah merokok segera.

Efek dari Obat Mata
Mungkin anda merasa heran dengan kaitan obat mata dan gigi kuning. Ini fakta, obat tetes mata yang digunakan akan menekan salah satu produksi yang dinamakan saliva. Dimana produksi tersebut akan menetralisir asam dari dalam mulut. Disaat jumlah saliva berkurang, secara otomatis asam dalam mulut akan segera meningkat dan bakteri akan mudah berkembang biak dan mengakibatkan gigi kuning.

Beberapa point diatas adalah penyebab gigi kuning yang memang akan mengganggu penampilan anda, selain digunakan untuk mengunyah makanan yang masuk, gigi pun akan mudah dilihat oleh lawan bicara kita. Jadi, hindari beberapa point penyebab gigi kuning diatas agar anda lebih percaya diri. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang bermasalah dengan gigi. Baca juga Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: