Tanda Awal Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Tanda Awal Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan
Tanda Awal Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan. Bagi para wanita, keindahan yang tidak pernah bisa dibayangkan adalah saat melihat buah hati yang terlahir dari rahim dan menjadi warna baru dalam kehidupan yang menjadikannya lebih indah. Sebelum proses melahirkan, seorang calon ibu akan mengalami berbagai macam fase yang sulit. Dari mengandung 9 bulan, melewati masa mual dan ngidam, bahkan gejala-gejala yang tidak nyaman.

Perkiraan hitungan kehamilan dengan angka 9 bulan 10 hari belum tentu terjadi pada seluruh ibu hamil, ada beberapa yang tepat, kurang dari angka tersebut, bahkan lebih dari perkiraan masa kandungan. Untuk menyiapkan persalinan, kenali tanda-tanda yang di alami oleh ibu hamil saat akan segera merasakan masa melahirkan si buah hati. 


Tanda Ibu Hamil Melahirkan

Engagement atau Turunnya bayi ke Panggul
Proses persalinan yang sempurna diawali dengan keluarnya bagian kepala bayi dari dalam rahim ibu dan diikuti dengan bagian yang lainnya. Ketika persalinan dirasakan sudah mendekati, kepala bayi anda mulai turun ke area tulang panggul (pelvic inlet) dan seluruh kejadian ini merupakan akibat dari pelunakan uterus. Engagement atau turunnya kepala bayi membuat nafas ibu terasa lebih lega dan nyaman. Proses turunnya bayi dapat terjadi sejak dua hingga empat minggu sebelum bayi benar-benar lahir kedunia.

Tekanan Panggul (Pelvic)
Proses turun nya kepala bayi hingga berada didalam panggul membuat ibu hamil mungkin akan merasa kurang nyaman. Rasa sakit mungkin akan sering terjadi karena adanya tekanan dari panggul dan dari situ anda akan merasakan sering buang air besar karena peningkatan aktifitas dari usus dan ini menjadi salah satu tanda persalinan akan segera datang.

Vaginal Discharge / Keputihan
Vagina wanita yang sedang hamil akan mengeluarkan banyak cairan seperti keputihan. Hal ini wajar terjadi karena pelunakan dari dalam rahim. Selain cairan putih ada beberapa tanda kelahiran yang diawali dari keluarnya cairan tesebut seperti berwarna merah muda. Ini adalah salah satu dari tanda awal persalinan yang dirasakan tidak nyaman bagi ibu hamil. Diperlukan tes medis untuk menanggulangi masalah tersebut. 

Naluri ‘Bersarang’ (Nesting Instinct)
Naluri atau hasrat menjadi salah satu tanda awal ibu hamil akan melahirkan, naluri tersebut lebih sering dikenal dengan sebutan naluri bersarang. Seorang ibu hamil akan mendapatkan energi dan niat yang kuat untuk memenuhi kebutuhan si calon bayi, dari membeli berbagai macam perlengkapan tidur, baju, merapihkan kamar, bahkan membeli pernak-pernik khas bayi yang dirasakan sangat antusias.

Kontraksi Braxton Hicks
Kontraksi Braxton Hicks, merupakan sebuah kontraksi yang dirancang untuk menyiapkan tubuh anda untuk melahirkan sang bayi. Nyeri yang dialami saat kontraksi dapat dirasakan dari berbagai bagian organ tubuh seperti di lipat paha (selangkangan) dan pastinya bagian perut bawah atau punggung. Sedangkan pada kontraksi yang sesungguhnya, kontraksi rahim menimbulkan nyeri yang diawali pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, dengan melewati pinggang terus panggul.

Mengigil
Rasa seperti demam dan menggigil tanpa alsan menjadi tanda awal persalinan lainnya, Hal ini dapat begitu saja terjadi tanpa adanya perasaan dingin atau karena anda lemah, dan hal ini bisa terjadi akibat hormon stres atau adanya perubahan kadar hormon progesteron dalam tubuh anda. Menggigil saat anda mendekati hari persalinan merupakan salah satu tanda awal kelahiran bayi anda.

Diare
Untuk ibu hamil, tanda akan segera melahirkan yang sangat tidak nyaman adalah diare,  diare terjadi karena pelepasan suatu unsur kimia dari dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandins dan dapat terjadi dalam proses awal suatu persalinan bagi ibu hamil.

Proses hamil bagi seorang wanita akan mengundang banyak cerita dan kebanggaan. Maka dengan mengetahui tanda awal ibu hamil segera melahirkan dapat membantu. Disaat mengandung buah hati atau calon bayi yang akan dilahirkan kedua menjadi pengalaman hidup yang begitu indah. Siapkan dan kenali dengan benar tanpa rasa panic yang berlebih untuk mempersiapkan persalinan yang sehat bagi si ibu dan buah hati. Baca juga Manfaat sarang semut untuk kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: