Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah. Salah satu penyakit yang berada pada dalam tubuh manusia yang memiliki resiko kematian tinggi dan berbahaya adalah penyakit yang bersarang pada system peredaran darah. Kinerja darah yang mengalir ke seluruh organ tubuh menjadi komponen yang sangat penting dan akan berubah membahayakan jika adanya gangguan pada peredaran tersebut. Gejala yang timbul akibat gangguan tersebut dapat dikategorikan ringan hingga kronis dan semua gejala tersebut patut anda ketahui agar anda dapat mencegahnya sedini mungkin. 

Pola dan gaya hidup dijaman modern seperti sekarang menjadi salah satu factor penyebab penyakit di system peredaran darah. Dengan dampak buruk dan berbahaya nya penyakit ini, ternyata dapat mengganggu organ tubuh lain dan memicu timbulnya beberapa penyakit yang dapat merusak kesehatan tubuh anda. Setelah mengetahui bagaimana bahaya dan resiko penyakit pada sistem peredaran darah tersebut, kini anda patut mengetahui apa saja yang menjadi jenis penyakit pada sistem peredaran darah, berikut penjelasannya.


Penyakit pada  Sistem Peredaran Darah

Varises
Penyakit varises dikategorikan pada salah satu penyakit ringan dalam sistem peredaran darah manusia. Penyakit tersebut terjadi saat pembuluh darah balik (vena) melebar dan berliuk atau berkelok-kelok. Hal ini terjadi karena adanya hambatan pada jaringan darah pembuluh vena yang menyebabkan hambatan yang terjadi akibat aliran darah di pembuluh tersebut. Selain hambatan klep vena pun membuat kinerja peredaran darah kurang maksimal dalam mengatur peredaran darah dalam tubuh dan secara otomatis mengakibatkan aliran darah akan menuju ke jantung dan terhambat dan aliran darah akan memutar balik.

Hipertensi
Hipertensi atau lebih dikenal sebagai tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang ada pada sistem peredaran darah. Gejala darah tinggi dapat terjadi saat systole dan diastole melampaui batas normal. Systole yang terkandung sekitar 140 mmHg lebih dan diastole lebih dari 99 mmHg. Sebagai penyebab penyakit hipertensi ini sangatlah berfariasi, ada beberapa yang memang factor keturunan, akibat alcohol, karena penyakit ginjal bahkan obesitas.

Hipotensi
Hipotensi adalah tekanan darah rendah atau biasa dikenal dengan anemia. Penyakit ini memiliki kebalikan dari hipertensi yang mana jumlah systole dan diastole berada pada angka dibawah normal. Hipotensi berawal dari berbagai macam sebab seperti diet yang ketat, konsumsi obat penurun darah dosis tinggi dan berkelanjutan, atau juga wanita yang sedang datang bulan atau haid. Akibat dari hipotensipun sangat beragam, seperti rasa lemas dan seketika akan lemas bahkan sampai mengalami pingsan.

Penyakit Jantung
Salah satu penyakit membahayakan yang satu ini menjadi salah satu penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah yang cukup berbahaya dan merenggut nyawa seseorang. Beberapa penyakit jantung yang berasal dari gangguan peredaran darah pada pembuluh koroner yaitu anteri dan vena. Secara asal gangguan penyakit tersebut berawal dari berbagai macam hal, seperti pada gangguan jantung koroner dan gagal jantung terjadi akibat kondisi jantung yang mengalami gangguan volume darah pada tubuh yang menurun.

Leukemia
Secara angka, kasus kematian akibat sistem peredaran darah bukan hanya diakibatkan oleh penyakit jantung. Leukimia menjadi salah satu penyakit yang ikut dalam kategori penyakit mematikan setelah jantung. Penyakit tersebut berasal dari pertumbuhan leukosit yang melebihi kadar normal. Keadaan dimana adanya paparan sinar radioaktif, infeksi pada virus, penggunaan zat kimia berbahaya atau juga factor keturunan. Ciri-ciri gejala penyakit tersebut dapat terlihat dari warna kulit yang berubah pucat, mudah mimisan, cepat kurus, lemas dan demam yang datang pada malam hari.

Hemofilia
Seluruh unsur dari penyakit hemofilia berawal dari factor keturunan. Gejala penyakit pada sistem peredaran darah pada manusia disini dapat telihat saat tubuh atau kulit terluka dan akan terus menerus mengalami pendarahan. Gejala tersebut diakibatkan karena darah yang sulit membeku dan jika tidak ditangani secara intens, penyakit ini akan mudah menjalar dan berdampak buruk bagi para penderitanya.

Itulah macam-macam penyakit pada sistem peredaran darah yang sudah anda ketahui bahaya dan akibatnya. Pencegahan akan penyakit tersebut menjadi tugas anda saat ini. Waspadai gejala yang datang, periksakan, dan rubah pola dan gaya hidup yang lebih sehat. Baca juga Macam-macam penyakit mulut.

Berlangganan untuk email update gratis: