Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala
Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala. Dengan perkembangan budaya dan teknologi, kehidupan manusia tidak bisa lepas dari lampu dan listrik. Tidak sedikit pula yang masih menggunakan lampu atau penerangan saat tidur khusunya saat tidur di malam hari, bahkan tidak bisa tidur jika lampu dimatikan.

Dalam memulihkan kondisi tubuh yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan di siang hari dibutuhkan waktu istirahat yang cukup dimalam hari karena waktu tersebut menjadi waktu yang paling ampuh sekitar 6-8 jam untuk melepaskan semua lelah dan penatnya menjalankan aktifitas. Namun waktu emas untuk beristirahat tersebut mengandung dampak buruk disaat kita masih menggunakan pencahayaan dari lampu yang tetap menyala  disaat mata dan tubuh kita beristirahat, berikut beberapa bahaya dari lampu yang menyala saat kita tidur.


Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Dapat menghambat produksi melatonin
Melatonin adalah enzim yang dapat menghambat penyakit ganas yang bisa saja menyerang tubuh kita yaitu tumor ganas dan juga kanker. Enzim tidak dapat berkembang dengan baik dan menghambat pertumbuhannya jika disaat beristirahat atau tidur malam hari kita masih menggunakan sinar dari lampu yang menyala.  

Gangguan Tidur
Penderita insomnia atau sulit tidur dimalam hari akan menjadi selalu terjaga jika masih ada penerangan atau lampu yang menyala. Dengan sinar lampu yang menyala juga dapat berpotensi untuk terbangun disaat anda sudah terlelap dalam tidur.

Kualitas Tidur Menurun
Bebagai macam efek buruk bisa terjadi saat anda susah tidur atau sulit beristirahat dengan kualitas yang baik. Dengan menggunakan lampu disaat anda akan tidur membuat anda mengalami insomnia juga terbangun dari tidur. Dari hal tersebut otomatis kualitas tidur anda menurun dan mengakibatkan banyak hal termasuk rasa ngantuk dan lemas disaat anda harus melakukan kegiatan pada siang harinya.

Mata Menjadi Lelah
Rasa lelah karena kurang tidur di malam hari tidak hanya dialami oleh tubuh saja, mata adalah salah satu organ penting yang harus ikut beristirahat dimalam hari. Saat mata harus terpejam dan beristirahat, sinar lampu yang kurang baik menghambat mata untuk terpejam dan menjadi terjaga dalam waktu yang lama dan dari hal itu mata menjadi lelah bahkan perih dan gatal.

Gangguan Sistem Metabolisme Dalam Tubuh
Sinar lampu yang menyala saat kita tertidur pun menjadi bahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan gangguan yang dialami oleh sistem metabolism dalam tubuh. sistem metabolisme menjadi salah satu unsur yang sangat penting karena saat sistem metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar maka asupan yang berupa nutrisi, vitamin dan mineral dan seluruh siklusnya akan berjalan dengan baik. Terbalik dari hal tersebut jika sistem metabolisme tidak berjalan dengan baik akan mengganggu kesehatan tubuh kita seperti menurunkan konsentrasi, tubuh mudah lemas dan cepat lelah. Imunitas serta daya tahan tubuh yang menurun akan menyebabkan tubuh mudah terserah penyakit.

Meningkatkan Depresi
Tubuh dan pikiran harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup demi memaksimalkan kualitasnya kembali. Saat mata sulit terpejam dikarenakan lampu yang masih terus menyala dengan otomatis anda akan merasakan depresi dan pemikiran yang tidak segar lagi. Dari memikirkan hal-hal dalam hidup anda hingga membuat depresi dalam hidup anda meningkat.

Menata hidup memang harus dengan bertahap, salah satunya dengan tidak menggunakan sinar lampu saat kita diharuskan untuk beristirahat. Jika masih sulit untuk meninggalkannya cobalah untuk memilih kualitas lampu yang baik dan tidak berbahaya bagi kesehatan dan dengan perlahan cobalah untuk meninggalkan sinar lampu demi kualitas tidur yang baik agar sehat dan segar pada esok harinya. Baca juga Manfaat buah semangka bagi kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: