20 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

20 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi
20 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi. Tubuh manusia membutuhkan makanan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhkan otot. Sumber protein tinggi akan membantu mendapatkan asupan asam amini dan nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Dari berbagai macam makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, daging hewan memiliki protein tertinggi dari beberapa sayuran namun sayuran memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi untuk menyeimbangkan.

Protein dalam tubuh selanjutnya adalah sebagai zat pengatur, salah satunya mengatur hormon yang bermanfaat dalam sistem proses pencernaan. Beberapa manfaat lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan PH asam dan basa tubuh, dan manfaat lain adalah untuk membuat cadangan energi dan makanan dari dalam tubuh. Dan berikut 20 makanan yang mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan.


Makanan Mengandung Protein

Daging
Beberapa daging hewan memiliki protein yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan karena daging memiliki protein yang sangat tinggi. Untuk kebutuhan sehari-hari pilihlah beberapa daging dari hewan berikut dengan takaran yang pas. Dalam 100 gram daging sapi memiliki kandungan protein 14 gram namun dalam kandungan daging kambing, dari  gr mengandung 27 gram kandungan protein. Dari protein yang terdapat dalam daging kambing terdapat nutrisi gizi seperti zat besi, vit B12, fosfor dan selenium.

Daging Ayam
Daging ayam mengandung banyak protein terlebih pada bagian tenderloin atau White Meat, di dalam 3 ons daging ayam telah tersedia 27 gram protein.  Selain daging ayam biasa, daging ayam Kalkun pun memiliki sumber dari protein yang baik. Jika ingin memaksimalkan gizi yang terkandung dalam daging ayam, usahakan untuk tidak mengolahnya dengan cara menggoreng. Karena kandungan minyak akan berubah menjadi lemak dalam tubuh. Pilih cara lain, salah satu nya dijadikan soup dengan tambahan sayuran yang fresh.

Telur
Kualitas protein yang dimiliki telur sangat tinggi akan asam amino essensial yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh. Dalam telur yang berukuran besar telah mengandung 6.3 gram protein ( 3.6 gram protein dalam putih telur dan 2.7 gram protein dalam kuning telur). Untuk yang memilki kolestrol tinggi dianjurkan untuk hanya mengkonsumsi putih telurnya saja karena bebas dari kolestrol dan lemak jahat. Di dalam kuning telur mengandung lemak jenuh dan juga kolestrol jadi untuk mengkonsumsinya tidak dianjurkan untuk berlebihan.

Susu
Tahu kah anda bahwa dalam satu gelas susu mengandung 8 gram protein dan protein susu pun memberikan kebaikan kalsium tinggi untuk mempertahankan kepadatan tulang. Dengan meminum susu saat sarapan pagi atau bisa ditambahkan keju yang rendah lemak ditemani biji bunga matahari yang telah digoreng dan buah strawberry untuk menambah protein dalam tubuh.

Ikan 
Dengan kekayaan bahari di Indonesia tidak akan sulit untuk menemukan berbagai macam ikan disekitar kita. Ikan memilki protein yang tinggi, dalam 3 ons ikan tuna mengandung banyak protein yaitu 22 gr. Dalam ikan salmon mengandung 19 gram protein dan dalam ikan laut mengandung asam lemak omega – 3 yang baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung. Salah satu poin tambahan dalam kandungan ikan ialah memiliki kandungan kolestrol dan lemak yang rendah disbanding daging sapi ataupun kambing.

Kepiting
Binatang yang dapat berkembang biak di darat dan di air ini sangat terkenal dengan kandungan protein yang tinggi terutama  untuk dikonsumsi pada anak dalam masa pertumbuhan. Sumber vitamin rendah lemak dan juga memiliki sedikit kalori menjadikan kepiting mengandung banyak nutrisi yang menjadi salah satu gizi penting untuk tubuh. Namun jika dkonsumsi secara berlebihan pun tidak baik karena kepiting mengandung kolestrol yang cukup tinggi.

Tahu
Makanan khas Indonesia ini terbuat dari kacang kedelai yang sudah mendunia karena kenikmatannya saat di olah dan disajikan untuk menemani teman makan anda. Dalam sebuah tahu mengandung protein baik yaitu 10 gram protein dari 4 ons tahu. Dari kebaikan tersebut tahu dapat dijadikan pengganti protein dari daging sapi atau pun daging ayam atau kambing.

Jamur
Jamur juga masuk kedalam salah satu bahan makanan yang mengandung protein yang tinggi, di dalam jamur terdapat nutrisi zat besi, kalium, selenium, asampantotenat,riboflavin, dan tembaga. Untuk dijadikan makanan pengganti untuk menurunkan berat badan pun sangat karena jamur memiliki rendah kalori, untuk memasaknya pun bisa di tumis, soup, atau sesuai selera.

Kacang Almond
Kacang almond yang gurih dan nikmat dijadikan cemilan ini mengandung 22 gram protein dalam 100 gram kacang almond. Selain protein yang cukup tinggi kacang ini baik untuk jantung karena mengandung lemak yang sangat baik.

Buah Apel
Dalam kondisi mentah dan segar  dua buah apel berukuran sedang memiliki kandungan protein sekitar 0.60 gram dan jika kulit apel dikupas atau dibuang kulitnya mengandung 0.30 gram protein.

Buah Manggis
Manggis, si buah manis yang mengandung banyak manfaat dari kulit sampai isinya ini mengandung 0.5 gram protein per 100 gram. Dan dalam satu buah manggis terkandung 0.89 gram protein.

Keong Mas
Dalam diri keong mas terdapat asam omega 3.6 dan 9 dan terkandung protein tinggi sekitar 16 hingga 50%. Cara memasak keong mas sudah sangat beragam, bahkan dibeberapa daerah menjadi salah satu makanan favorit dengan disajikan sebagai sate, pepes, oseng keong, sambal keong dan masih banyak lagi sesuai selera yang tidak kalah lezatnya dengan makanan lain.

Buah Pisang
Buah pisang yang menjadi buah paling popular ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari kandungan protein yang terdapat dalam pisang sekitar 100 gram dalam 4 gram buah pisang. Dari rasa yang manis dan mengenyangkan buah pisangpun menjadi teman baik anda saat merasa lapar.

Buah Blueberry
Buah blueberry adalah buah yang kaya akan protein yang tinggi, vitamin, juga mineral. Buah yang satu ini bisa didapatkan dengan kemasan kaleng dengan rasa yang manis, tawar, bahkan ada juga yang mentah dan bentuk sirup. Dalam takaran satu mangkuk buah blueberry mengandung 1.10 gram protein.

Buah Jambu
Protein yang tinggi pun dikandung pada buah jambu, buah yang satu ini juga memiliki kalsium dan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Alpukat 
Dari berbagai macam buah yang ada, alpukat memiliki sumber gizi yang sangat banyak. Dari buah tersebut mangandung protein tinggi, dalam satu buah alpukat terdapat 5 gram protein dari per 8 ons.

Asparagus
Nutrisi yang terkandung dalam sayuran asparagus sangatlah tinggi, dari secangkir asparagus mengandung 2 gram protein. Selain itu, asparagus adalah jenis sayuran yang dapat di olah dengan berbagai macam cara. Dari yang paling mudah seperti direbus, dikukus, bahkan bisa juga di goreng.

Kembang Kol
Salah satu sayuran yang menyerupai brokoli ini mengandung 3 gram protein dalam satu porsi hidangan yang dikonsumsi. Dalam kembang kol terdapat sumber dari vitamin K yang bermanfaat untuk anti-inflamasi bagi tubuh. Untuk urusan pencernaan pun dapat diatasi dengan si putih bundar ini. 

Buah Kurma
Jika anda suka dengan sajian manis dari buah kurma, anda telah menerima kebaikan dari buah tersebut yaitu sumber protein yang baik bagi tubuh sebanyak 2.50 gram protein pada 100 gram buah kurma. Karena rasa dan khasiat nya yang sama-sama menguntungkan bagi lidah dan kesehatan, jangan segan untuk segera menikmatinya.

Jagung Manis
Untuk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, dari jajanan hingga masakan untuk teman makan bisa di manfaatkan dari si manis ini. selain rasa yang manis dan nikmat, jagung manis mengandung 3 gram protein yang menjadi sumber antioksidan dan mengandung vitamin B kompleks tiamins, niasin,folat, serta pantotenat dan asam. 

Banyak pilihan untuk mendapatkan kesehatan kan? Dagi 20 pilihan makanan yang mengandung banyak protein dan yang pasti adalah bermanfaat untuk tubuh kita. Jaga takaran konsumsi agar tetap seimbang. Untuk hidup sehat tidak harus menyiksa tubuh anda, cukup fariasikan kreasi makanan untuk asupan sehari-hari. Baca juga Cara mengecilkan paha dan bokong.

Berlangganan untuk email update gratis: