Mengatasi Sering Lupa dan Apa Saja Penyebabnya

Mengatasi Sering Lupa dan Apa Saja Penyebabnya
Mengatasi Sering Lupa dan Apa Saja Penyebabnya. Siapa sih yang tidak jengkel dengan gejala yang satu ini. Ya, lupa menjadi salah satu hal yang menjengkelkan telebih jika memang mengakibatkan hal yang buruk bahkan fatal dalam kehidupan kita seperti lupa akan janji, lupa menyimpan barang yang penting hingga lupa membawa barang berharga seperti dompet atau handphone saat melakukan perjalanan keluar rumah. Terbayang bukan rasa kesal pada diri sendiri yang sering lupa.

Jika menjelajah apa saja sebab dari salah satu penyakit yang di derita sebagian besar manusia atau pernah mengalaminya ini sangatlah beragam karena menyatukan tubuh dan pikiran yang terlalu lelah dan kinerja otak perlahan menurun. Namun, sebab yang menjadikan lupa memang beragam dan sebaiknya anda ketahui agar dapat meminimalisir gejala lupa pada kehidupan anda. Berikut kami jelaskan sebab terjadinya lupa.


Penyebab Penyakit Lupa

Kurang Tidur
Padatnya kegiatan dan aktifitas yang menyita waktu siang dan malam anda dan secara otomatis mengalami kurangnya waktu istirahat atau tidur malam. Kurangnya tidur dapat memicu kinerja otak yang kurang maksimal bahkan terkadang penyakit lupa dengan mudah menghampiri sang penderita. Kurangnya tidur membuat pikiran tidak focus karena rasa kantuk yang datang pada waktu siang.

Gangguan Fisik
Jika anda pernah mengalami benturan pada kepala dengan benda keras dan menyebabkan isi dari memori dalam otak berkurang, berarti anda mengalami gejala amnesia sehingga anda lebih cenderung sering lupa pada segala hal.

Alkohol atau Narkoba
Alcohol dan narkoba membuat anda kehilangan kesadaran saat mengkonsumsinya, dan setelah peristiwa tersebut akan menjadikan pelakunya mudah lupa. Hal tersebut dikarenakan sel jaringan pada otak tidak berjalan sesuai fungsi dan cenderung mengurang atau melemah.

Alzheimer
Secara bahasa, Alzheimer berarti pikun. Penyakit lupa karena lanjut usia atau pikun disebabkan karena memori dalam otak terkuras dan menghilangkan beberapa ingatan. Biasanya, penderita Alzheimer akan mudah cemas, sensitive dan pikiran kacau saat berusaha untuk mengingat apa yang terjadi pada kehidupannya.

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari sering lupa yang wajib anda ketahui, kini anda harus berusaha untuk mengatasi penyakit tersebut. Simak kejelasannya dibawah ini.


Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Konsumsi Vitamin E
Salah satu jenis makanan yang sangat bermanfaat untuk kelancaran ingatan adalah makanan yang mengandung vitamin E yang terdapat pada kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat mencegah kinerja otak yang menurun.

Istirahat yang Cukup
Waktu istirahat malam menjadi waktu yang paling baik dalam memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan berbagai macam kegiatan yang sangat padat. Istirahat 8 jam selama 1 hari akan meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih fresh dan memulihkan kinerja otak untuk kembali dipergunakan esok harinya.

Makan yang Seimbang
Otak pun membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kinerjanya. Asupan makanan yang baik dan seimbang terdapat pada makanan dan minuman yang masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna.

Lakukan Test Otak
Asah otak agar terjaga kualitasnya, lakukan dengan cara mudah seperti bermain puzzle, catur, membaca buku dan semua kegiatan yang dapat melatih kinerja otak dalam mengingat apa yang sudah dilihat, dikerjakan dan juga dilakukan.

Konsumsi Makanan Mengandung Choline
Choline adalah sumber kebaikan yang perlu anda konsumsi sebagai penunjang ingatan dan kualitas otak. Beberapa makanan yang mengandung banyak sumber choline seperti hati ayam, telur dan kedelai dapat dikonsumsi rutin untuk daya ingat dan berfikir lebih maksimal.

Olahraga
Lakukan olahraga rutin agar peredaran dalam otak dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kandungan oksigen yang cukup pada bagian otak menjadikannya lebih optimal. Secara rutinitas yang padat otak akan mudah lelah dan lemah, olahraga rutin dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan sel baru dari dalam otak.

Begitulah cara mengatasi sering lupa dan apa saja penyebabnya. Jika anda memang sering mengalami kejadian tidak menyenangkan tersebut, buatlah catatan penting dalam buku atau gadget anda agar dapat meminimalisir lupa yang dapat merugikan anda. Baca juga Mengatasi bayi sering cegukan.

Berlangganan untuk email update gratis: