Cara Mengatasi Mimisan dan Apa Penyebabnya

Cara Mengatasi Mimisan dan Apa Penyebabnya
Cara Mengatasi Mimisan dan Apa Penyebabnya. Secara proses gambaran mimisan adalah dengan keluarnya peredaran darah yang mana keluar dari lubang hidung seseorang. Hal tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung bagian pembuluh darah kecil. Secara target memang lebih sering menyerang anak-anak bahkan balita, namun tidak menutup kemungkinan seorang dewasa dapat merasakan mimisan yang diakibatkan dari beberapa hal.

Ada beberapa penyebab dari mimisan yang tergolong ringan dan dapat disembuhkan dengan cara yang ringan pula, namun beberapa factor terjadinya mimisan menjadi tanda awal timbulnya penyakit yang membahayakan bahkan mematika. Ada baiknya anda mengenal apa saja penyebab terjadinya mimisan dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar tidak menjadi bibit penyakit baru yang membahayakan kesehatan anda. Simak beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi mimisan.


Penyebab Mimisan

Cuaca Panas
Cuaca yang panas dan menyengat tubuh yang sering sekali terjadi disekitar kita dan terlebih Negara kita menjadi salah satu Negara tropis yang mendapatkan pasokan sinar matahari yang banyak. Cuaca panas tersebut dapat menyebabkan kurangnya kelembaban dan bagian setrum menjadi mengering. Dalam kondisi seperti itu, iritasi akan mudah terjadi dan keluarnya aliran darah dari lubang hidung menjadi tahap ahir dari peristiwa tersebut.

Tumor 
Mimisan dapat keluar pada hidung seseorang yang menderita tumor dirongga hidung yang dinamakan angiofibroma. Salah satu tumor tersebut biasanya ditemukan pada anak usia muda atau lebih sering dikenal dengan Abg atau menjelang dewasa yang mana tumor tersebut ditandai dengan benjolan sebesar biji nangka yang berwarna merah dan sedikit keputihan pada bagian dalam hidung.

Demam Berdarah
Demam berdarah karena keadaan infeksi sistematik yang biasa diserang anak-anak dapat mengakibatkan mimisan yang biasanya menjadi salah satu pertanda yang serius yang mana dibutuhkan perawatan medis yang intensif dan tindakan khusus karena saat demam berdarah dan mengalami aliran darah dari hidung atau mimisan sering terjadinya gejala aliran pendarahan dibagian organ lain.

Mungkin sebagian orang menganggap mimisan hanya gejala biasa, sedangkan mimisan bisa berakibat fatal jika penyebabnya berbahaya. Dan proses mimisan yang terus menerus akan lebih berbahaya dari apa yang anda perkirakan. Mimisan harus segera diatasi dengan cepat, simak beberapa cara tersebut untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Mimisan

  1. Duduklah, karena posisi tersebut membuat hidung lebih tinggi dibandingkan dengan jantung. Jangan biarkan tidur terlentang, karena darah yang keluar akan semakin banyak dan deras juga membuat darat tertelan kea rah belakang.
  2. Tekuk atau bungkukan kearah depan dan rubah nafas dari mulut secara perlahan.
  3. Tekan bagian atas hidung selama lima menit
  4. Kompres bagian hidung dengan air dingin atau air es agar aliran darah yang mengalir dapat berkurang atau berjalan lambat kearah hidung.
  5. Jika darah terus menerus mengalir, tekan hidung lebih lama sekitar 10 menit.
  6. Jika semua proses sudah dilakukan dan mimisan masih saja keluar dari hidung, disitu anda harus segera mendapatkan perawatan medis yang cukup.
Kenali penyebab dan cara mengatasi mimisan yang benar agar tidak menjadi akibat fatal yang membahayakan kesehatan anda. Saat semua cara yang anda lakukan sendiri tidak juga membuahkan hasil, lakukan tindakan langsung dengan penanganan dokter dibidangnya agar tidak menjalah keberbagai organ lain atau menjadi gejala penyakit baru yang dapat merenggut kesehatan tubuh anda. Baca juga Penyebab wajah tampak tua.

Berlangganan untuk email update gratis: