Dampak Bahaya Buruk Minum Kopi

Dampak Bahaya Buruk Minum Kopi
Dampak Bahaya Buruk Minum Kopi. Memang, kopi menjadi sajian spesial dalam menemani hari-hari anda terutama saat santai di pagi atau disore hari. Rasa pahit manis yang disajikan membuat sebagian orang mengkonsumsi minuman hitam ini terlalu banyak, bahkan lebih dari 2-3 gelas kopi perhari. Hal yang perlu anda ingat bahwa, kopi memiliki kandungan kafein yang dalam jangka panjang akan merusak kesehatan para pecintanya.

Selain tawaran rasa rileks dan teman melepas lelah, kopi memiliki efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan dan jangka waktu yang panjang. Kandungan kafein dan tanic akan membuat seseorang mudah merasa cemas, detak jantung yang tidak teratur, otot-otot tubuh yang mengejang, dan rasa gelisah tanpa sebab. Untuk lebih jelasnya apa saja efek buruk dari minum kopi sebagai berikut.


Dampak Buruk Minum Kop

Tidak Subur
Perkembangan jaman membuat pecinta kopi bukan hanya dari kalangan laki-laki saja, tidak sedikit wanita yang merasa kecandungan dalam mengkonsumsi kopi setiap hari. Kopi dijadikan minuman wajib yang disuguhkan saat ingin menikmati suasana santai atau untuk menghangatkan tubuh. Kandungan kafein pada kopi dapat merusak alat reproduksi wanita dan menjadikannya sulit memiliki keturunan.

Emosi tidak Stabil Saat Haid
Sudah menjadi kodratnya memang seorang wanita mengalami tamu datang bulan atau lebih sering dikenal sebagai haid. Disaat haid datang, memang dirasakan nyeri yang sangat perih hingga ke bagian bawah perut yang membuat para wanita berubah mood seketika. Rasa mudah marah dan emosional terjadi saat anda sudah merasa kecanduan dengan kopi, karena kandungan kafein pada kopi membuat dehidrasi lebih cepat dan gelisah mudah datang. Disitulah rasa emosi akan mudah terpengaruh untuk muncul.

Gastritis
Yang dimaksud grastritis disini adalah kondisi dimana perut mengalami peradangan. Rasa sakit yang muncul terjadi dari beberapa sebab yang salah satunya adalah kafein. Kafein menjadi penyebab grastritis semakin parah. Kafein yang menjadi penyebab penyakit tersebut seperti kafein pada kopi hitam, soft drink, coklat dan beberapa jenis makanan yang akan segera meningkatkan asam lambung.

Insomnia
Insomnia atau susah tidur menjadi wujud nyata kafein bekerja. Karena salah satu keunggulan kandungan kafein adalah menjaga konsentrasi dan daya tahan kantuk akan tertunda. Gejala insomnia akan menjadikan tubuh terasa lebih lelah karena kafein yang dikonsumsi rutin setiap hari.

Gangguan Pencernaan
Jika pecinta kopi meminum cairan kafein ini melebihi kadar biasa atau sekitar 2 sampai 3 cangkir kopi setiap harinya atau mungkin sampai 6 cangkir akan mengganggu proses pencernaan karena kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan membuat asam lambung naik yang membuat rasa mulas dan mual bahkan diare karena saluran usus mengalami iritasi.

Sakit Kepala 
Sering kita lihat orang yang menginginkan konsentrasi lebih pada tubuhnya dengan menggunakan kopi sebagai minuman pendamping saat melakukan aktifitas atau bekerja. Namun, saat kafein yang terkandung dalam kopi mencuat akan menimbulkan rasa sakit kepala yang mencekam untuk yang terbiasa mengkonsumsi kopi diluar batas wajar. Sebagai minuman pendamping favorit kebanyakan orang, kopi harus di konsumsi secara berkala.

Minum kopi memang menyenangkan dan membuat rasa rileks menjadi lebih indah. Namun, pemakaian kafein yang berlebih akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh anda. Mulailah untuk mengatur asupan yang akan masuk ke dalam tubuh anda dengan menimbang mana yang baik dan yang buruk. Baca juga Makanan untuk Merawat Kesehatan Kulit Wajah.

Berlangganan untuk email update gratis: