Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal

Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal
Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal. Es teh menjadi  salah satu minuman favorit disaat udara terasa panas apalagi negara kita menjadi salah satu negara tropis yang memang berudara cukup panas. Minuman yang manis dan menyegarkan akan menjadi salah satu incaran dari beberapa orang untuk menghilangkan rasa dahaga terutama pada siang hari saat terik matahari terasa sangat menyengat.

Berbagai  macam fariasi dari minuman teh pun bermunculan dengan sangat cepat. Bermacam-macam merek produk terkenal bahkan yang baru muncul, berlomba-lomba untuk mendapatkan peminat  es teh sejati. Dari rasa yang dingin dan manis akan menggugah lidah dan tenggorkan, namun bagaimana dampak dari seringnya minum es teh untuk kesehatan kita? Terutama pada bagian ginjal. Beikut kami paparkan bagaimana bahaya terlalu minum es teh pada ginjal.


Bahaya Sering Minum Es Teh

Penyebab Resiko Batu Ginjal
Mengkonsumsi es teh dengan berlebihan akan meningkatkan bahaya resiko batu ginjal. Abaikan rasa nikmat yang hanya mengalir pada mulut dan tenggorokan saja, karena resiko yang diakibatkan dari kandungan es teh berupa konsetrasi tinggi oksalat menjadi salah satu bahan kimia penyebab utama pembentukan batu dalam ginjal atau saluran kencing. Dan untuk penderita batu ginjal, minuman yang wajib dihindari adalah es teh karena 10% dari penderita batu ginjal memilki kegemaran mengkonsumsi secara rutin es teh.

Menyendat Air Seni
Air seni atau urin adalah cairan yang dihasilkan dari minuman yang masuk kedalam tubuh, air tersebut diekskreasikan oleh ginjal  lalu dikeluarkan dengan proses urinasi. Apabila batu yang mengendap pada ginjal yang disebabkan oleh minuman es teh yang berlebihan dan terjebak dalam saluran kemih, maka air seni akan tersendat dan menyebabkan sakit yang luar biasa.

Penyebab Inflamasi Ginjal
Sesungguhnya es teh memilki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi kesehatan, salah satu nya adalah nutrisi oksalat yang juga ditemukan pada makanan sehat seperti bayam dan makanan lain seperti coklat. Oksalat dalam takaran normal dapat menyerap konsentrasi kalsium yang sangat tinggi dan dapat mengikat kalsium dalam tubuh. Namun konsimsi es teh secara berlebih meningkatkan kadar oksalat yang juga akan menimbulkan inflamasi pada ginjal yang menyebabkan buang air kecil menjadi tersendat, warna air seni menjadi keruh dan rasa sakit yang dapat membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktifitas apapun. Gejala yang terus menerus tanpa pengobatan yang maksimal membuat penyakit ini berkembang menjadi gagal ginjal.

Jika anda memang salah satu penggemar es teh, bijaklah dalam mengkonsumsi minuman ini, dari rasa dan kesegaran yang dihasilkan mengandung bahaya yang tidak kecil untuk ginjal anda. Saat anda memang tertarik untuk meminum es teh cobalah untuk menambahkan jeruk nipis dan mengurangi takaran gula dalam penyajiannya. Sayangi ginjal anda dengan memperhatikan minuman yang ingin dikonsumsi, atau sajikan teh dengan air hangat. Takaran meminum teh dengan air hangat lebih sedikit dibandingkan dengan penyajian dingin dan dari situ resiko pada ginjal dapat di minimalisir. Baca juga Manfaat melon bagi kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: